-->

Teknisi Sufi

Sebuah Catatan Sesat.

Perbedaan HTTP dan HTTPS


A. PENDAHULUAN
seringkah kalian membuka browser dan menuju ke dalam sebuah website? apakah kalian mengamati ada sebuah hal yang sederhana namun begitu berarti? apakah itu

- Pengertian

 > Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web. HTTP disebut protokol Stateless karena setiap perintah dijalankan secara independen, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya. Ini adalah alasan utama yang sulit untuk menerapkan situs Website yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.
  > Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp. Https dapat menjamin keamanan dalam Autentikasi server yaitumemungkinkan peramban dan pengguna memiliki kepercayaan bahwa mereka sedang berbicara kepada server aplikasi sesungguhnya.Https juga mampu dalam menjaga kerahasiaan data dan Integritas data

B. LATAR BELAKANG
 Mengetahui dan memahami Http dan Https dengan pengertian fungsi dan perbedaanya, karena ini cukup lumayan penting khususnya jika teman-teman yang berkecimpung di dunia IT. 

C. MAKSUD DAN TUJUAN
  • Dapat mengetahui fungsi dari HTTP dan HTTPS.
  • Dapat mengetahui perbedaan dari HTTP  dan HTTPS
D. PEMBAHASAN

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web.
Pada umumnya cara komunikasi antara client dan server adalah client melakukan request ke server, kemudian server mengirimkan respon terhadap client. Respon yang dimaksud dapat berupa file HTML yang akan ditampilkan di browser ataupun data lain yang di-request oleh client. Semua kegiatan tersebut diatur oleh suatu protokol yang sedang kita bahas, yaitu HTTP.
Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp. https berfungsi agar blog kita itu terenkripsi oleh system agar data yang selalu keluar dan masuk dari web tersebut tu AMAN,,, agar kita bisa menggunakan HTTPS kita harus membeli/menginstal SSL yang berfungsi memberikan sertifikat aman kepada website kita namun jika kalian menggunakan Protokol HTTP kalian tidak akan bisa akses Protokol HTTPS karena web kalian tidak memiliki sertifikat SSL yang sah, tetapi jika web tersebut menggunakan Protokol HTTPS web tersebut masih bisa juga menggunakan Protokol HTTP karena http bisa di sebut protokol yang tidak terenkripsi jadi semua akses web tersebut bisa di sebut tidak aman sedangkan yang https bisa di sebut aman.

PERBEDAAN ANTARA HTTP DAN HTTPS

Keamanan data yang dikirimkan 
HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:
  • Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju. 
  • Kerahasiaan Data, data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan sudah dienkripsi. 
  • Integritas Data, data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).
Port yang digunakan 
Untuk melakukan komunikasi, secara default HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.
Kebutuhan SSL 
Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-server adalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan login credential, dengan aman.

H. KESIMPULAN
 
Jadi intinya perbedaan HTTP dan HTTPS adalah jika HTTPS itu di beri lapisan Enkripsi agar web tersebut aman

Baca juga:

0 Comments



Emoticon