-->

Teknisi Sufi

Sebuah Catatan Sesat.

Cara Install Debian Server 8 jessie

A. Pendahuluan
     Assamu'alaikum Wr. Wb. Pada Postingan kali ini saya akan menunjukan cara menginstall Debian Server 8.6 dengan codename jessie.

- Pengertian
  Debian ini merupakan salah satu OS yang Open Souce dan biasanya di gunakan sebagai server karena awal diciptakannya di sebagai OS Server.

- Latar Belakang
   Sebelum Masuk ke dalam Konfigurasi Kompleks Server, maka kita haru dapat menginstall perangkat yang akan kita gunakan terlebih dahulu.

- Maksud dan Tujuan
  Menentukan cara penginstallan Debian.

- Hasil yang Diharapkan
   Dapat Menginstall Debian Server.

B. Alat dan Bahan
     Laptop
     Iso DVD 1 debian 8.6
     VirtualBox

C. Jangka Waktu Pelaksanaan
     30 Menit

D. Pembahasan
     Kali ini saya akan contohkan bagaimana cara instalisai debian menggukan mode install, jadi bukan installer GUI yang saya lakukan. Langkah pertama yang harus kita lakan adalah dengan cara mempersiapkan alat dan bahan yang akan kita gunakan terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah membuat mesin virtual di VirtiualBox, lalu kita start mesin virtaual tersebut dan masukan DVD debiannya maka kita akan mendapatkan tampilan seperti berikut ini :


Kita enter saja, maka akan ada tampilan untuk memilih Bahasa yang akan kita gunakan.
Langkah Selanjutnya menentukan wilayah yang kita gunakan, disini saya memilih orther > Asia > Indonesia.
Setelah melakukan konfigurasi zona waktu, saatnya kita mengkonfigurasi locales. Konfigurasi ini bertujuan untuk Menentukan bahasa apa yang akan kita gunakan di dalam debian server kita.
Setelah Melakukan Konfigurasi Locales, saatnya kita melakukan konfigurasi keymap atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan Keyboard. Didalam konfigurasi ini mengatur kita untuk memilih Jenis Keyboard yang akan kita gunakan di dalam debian server, karena saya menggunakan keyboard qwertyuiop yang artinya merupakan keyboard jenis america maka saya memilih American Englis.


Setelah Memilih keyboard yang kita gunakan, waktunya kita mengatur ip di dalam debian kita, karena saya disini tidak mengunakan DHCP maka pada saat muncul Configuring the network with DHCP saya memilih cancle.


Maka Setelah kita memilih cancle akan tampil pemberitahuan bahwa Network yang kita konfigurasi itu failed.


Lalu kita akan mengaturnya secara manual, jadi kita pilih Configure Network manually, yang berarti kita diharuskan untuk mengatur ip address secara manual.


Lalu pada tahapan ini kita di suruh untuk mengisikan ip address yang akan kita gunakan, disini saya akan mencontohkannya dengan ip 10.10.10.2/24.


Setelah itu kita masukan gateway yang kita gunakan, disini saya menggunakan gateway 10.10.10.1


Lalu kita disuruh untuk memasukan name server, kita kosonkan saja untuk saat ini.


Lalu kita masukan hostname yang akan kita gunakan di debian server kita.


Lalu kita disuruh untuk mengisikan domain name , disini saya kosongkan saja terlebih dahulu.


Selanjutnya kita di suruh untuk mengatur password root kita, masukan password seaman mungkin, agar terhindar dari serangan orang jahat.


lalu kita di suruh memasukan kembali password root tadi yeng telah kita masukan.


Selanjutnya, kita disini disuruh untuk menambahkan User di dalam Debian Server Kita. Selain menambahkan user, kita juga di suruh untuk menyeting password yang akan kita gunakan di debian server kita.





Setelah Selesai Menyeting user untuk debian, kita di suruh untuk mengatur waktu yang kita gunakan, karena saya berada di klaten, maka saya mengaturnya Waktu Indonesia Barat.


Setelah mengatur waktu yang kita gunakan, kita di suruh untuk mengatur partisi yang akan kita gunakan di Debian Server ini. Disini saya akan memilih menggunakan yang otomatis auto creat saja sebagi contoh.


Maka disini akan Muncul hardisk/penyimpanan yang akan kita gunkan untuk menginstall debian Server kita ini.


Kita memilih yang recommend saja.


Lalu kita Selesaikan Proses pengaturan partisi dengan memilih Finis partitioning and write changes to disk.


lalu kita pilih "yes".


lalu disini kita di tanyai apakah kita akan menscan dvd lainnya tidak, saya pilih no.


lalu kita ditanyai apakah kita akan miror atau tidak, kita pilih saja no,


kita pilih no lagi


lalu disini kita akan di tanyai paket apa saja yang ingin kita install, disini saya hanya akan memasang minmun sistem, yaitu system.


lalu kita di tanyai apakah kita akan memasang grub boot loader, kita pilih yes.


selanjutnya kita pilih yang otomatis,


Dan proses instalisai pun selesai.


Secara otomatis Debianpun akan restart dan akan menampilkan seperti berikut ini


lalu kita di suruh untuk login di debian server kita.


Begitulah Proses instalsisai di dalam debian server ini, Proses instalisai pun berjalan dengan baik dan lancar

E. Hasil yang didapatkan

     Cara Instalasi Debian Server

F. Temuan Maslah
    -

G. Kesimpulan Yang Didapatkan
     Menginstall Debian Server tidak jauh berbeda seperti saat menginstall OS Os lainnya

H. Refrensi dan Daftar Pustaka

Baca juga:

0 Comments



Emoticon