-->

Teknisi Sufi

Sebuah Catatan Sesat.

Cara Uninstall Apache, PHP, MySQL

A. Pendahuluan
     Jika kemarin kita membahas tentang cara menginstall lamp di linx mint, maka sekarang saya akan membahas tentang cara menguninstallnya. Untuk cara nya dapat kita lakukan dengan berbagai cara, dan cara yang akan saya contohkan merupakan satu dari berbagai cara yang tersebar di internet.

- Pengertian
   Apache, PHP, dan MySQL merupakan paket-paket yang digunakan dalam membangun web server, Dan Paket-paket ini merupakan paket yang sangat dibutuhkan di web.

- Latar Belakang
  Jika kita ingin menghentikan layanan web server pada server yang kita miliki, maka kita dapat melakukannya dengan cara menstop service yang di gunakan dari paket web server tersebut, namun paket tersebut masih terinstall, dan cara menguninstallnya akan saya tunjukan berikut ini.

- Maksud dan Tujuan
  Mengetahui cara uninstall LAMP Server di Linux

- Hasil yang Diharapkan
   Mampu Menguinstall apache, PHP, dan MySQL.

B. Alat dan Bahan
    Laptop

C. Jangka Waktu Pelaksanaan
     10 Menit

D. Pembahasan
     Jika anda Mengikuti tutorial cara uinstall lamp pada postingan sebelumnya, maka cara ini dapat anda ikuti seutuhnya, Karena paket-paket yang anda install akan sama dengan paket yang akan kita hilangkan, namun jangan bersedih jika anda tidak mengikuti postingan tutorial sebelumnya, anda pun bisa melakukannya, namun samakan dengan paket yang anda intsall.

    Karena kemarin Kita menginstall phpmyadmin, maka yang kita uninstall pertama ialah paket phpmyadminnya terlebih dahulu, dan cara uninstallnya dapat anda lakukan dengan cara sudo apt-get remove phpmyadmin dan kita akan tampil berikut ini 
Jika anda mendapati tampilan seperti di atas, kita klik saja Ok, dan jika kita mengklik ok kita akan di hadapkan lagi dengan tampilan seperti ini
Jika tampilan seperti di atas muncul, kita geser pilihan kita ke yes, dengan cara mengklik tombol panah kiri kemudian tekan enter. Dan tak lama setelah kita menekan enter akan tampil kembali tampilan yang bertanya akankan kita menghapus semua database di phpmyadminnya. Kita pilihlah Yes lagi. 
 setelah itu baru kita menguninstall paket phpmyadminnya. Cara Menguninstallnya dapat kita lakukan dengan cara mengerikan sudo apt-get purge phpmyadmin

Setelah selesai meremove phpmyadmin saatnya kita menghapus paket mysqlnya, caranya dapat kita lakukan dengan cara sudo apt-get remove --purge mysql-server mysql-client mysql-common, Dan pastinya kita akan mendapati tampilan yang bertanya apakah kita akan tampil tapilan yang menanyakan tentang apakah kita akan meremove semua database mysql kita,
Setelah itu, saatnya kita menghapus folder dari mysql kita yang berada di etc, jadi cara menghapusnya dapat kita lakukan dengan cara rm -rf /etc/mysql. Setelah itu, saatnya kita menghapus semua file mysql kita, kita dapat melakukannya dengan cara sudo find / -iname 'mysql*' -exec rm -rf {} \; dan yang akan terjadi semua file mysql yang kita miliki akan terhapus.

Setelah meremove phpmyadmin dan mysql, saatnya kita meremove php, dan disini saya menggunakan php7.3. Berikut adalah bukti bahwa saya menggunakan php7.3
Dan cara untuk menghapus filenya dapat kita lakukan dengan cara sudo apt-get remove php7.* dan untuk menguinstall paketnya kita dapat menggunakan perintah sudo apt-get purge php7.* . Setelah paket phpnya telah teruninstall langkah selanjutnya adlah menghapus folder phpnya, Cara Pertama kita kita mencari dimana file phpmya berada, lalu kita hapus foldernya.

Cara mencarinya yaitu dengan cara whereis php, maka akan muncul tempat folder php berada, lalu kita hapus foldernya dengan cara rm foldernya dimana
Setelah berhasil untuk meremove php,saatnya kita menghapus apachenya, cara menghapusnya pun akan sangat mudah, yaitu menggunakan cara sudo apt-get remove apache2* dan sudo apt-get purge apache2*.

Setelah kita mengikuti langkah langkag di atas, saatnya kita menghapus cahce dari aplikasi aplikasi yang telah kita install tadi, caranya yaitu dengan cara sudo apt-get autoremove dan sudo apt-get autoclean. Dan selesailah Pekerjaan kita pada hari ini.

E. Hasil yang didapatkan
     Mampu Uninstall apache2, PHP, dan MySQL

F. Temuan Maslah
     -

G. Kesimpulan Yang Didapatkan
     Menguinstall paket di linux dapat menggunakn banyak cara, dan cara di atas merupakan salah satu cara yang dapat kita gunakan.


Baca juga:

1 Comments

This comment has been removed by a blog administrator.



Emoticon